Selasa, 28 Oktober 2014

teknik dasar lay-up bola basket

Teknik Lay-Up Dalam Basket


Lay-upadalah satu teknik dasar yang harus Anda kuasai untuk mencetak angka dalam pemainan bolabasket. Rangkaiannya meliputi gerakan memegang bola, berlari (atau melangkah) ke depan, melompat, dan melepas tembakan ka arah rim lawan untuk mencetak angka.

Teknik ini tak semudah seperti yang terlihat. Banyak pemain, khususnya pemula, kerap dibuat bingung saat mengombinasikan footwork dan melepas tembakan ke rim basket lawan. Padahal ini salah satu teknik yang banyak mencetak angka saat suatu tim melakukan fast break. 

Untuk menguasai teknik ini, perlu latihansecara rutin. Anda bisa mengawalinya dengan melatih pergerakan menuju rim basket lawan tanpa melakukan dribble. Setelah cukup mahir mengatur footwork, lanjutkan dengan bergerak sembari men-dribble bola. Jangan lupa, latih kemampuan kedua tangan Anda untuk mempraktekkan teknik ini. Selamat mencoba!
  • Kepala. Kepala tegak, arahkan pandangan ke rim basket lawan atau ke rekan satu tim. Atau, gunakan arah pandangan mata Anda untuk mengecoh lawan yang menjaga Anda.
  • Punggung. Mengikuti pergerakan tubuh Anda saat menusuk pertahanan lawan. 
  • Tangan. Menguasai bola, kemudian melontarkannya ke rim basket lawan untuk mencetak angka.
  • Siku. Siku tangan yang dominan ditekuk –mengikuti pergerakan tangan yang menguasai bola, men-dribble, dan melontarkan bola. Siku tangan tak dominan ditekuk dengan sudut-sudut tertentu agar tidak menjadi dominan Anda bisa melindungi bola yang Anda kuasai dari sergapan lawan.
  • Lutut. Menekuk lutut saat akan melompat akan memberi Anda tambahan dorongan tenaga untuk melayang di udara.
  • Kaki. Ayunkan kaki untuk mendekati rim basket lawan, melompat, dan mendarat di lantai setelah melayang di udara. 
ini videonya  :)


           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar